Hari ke 2 Sea Age Group Championship 2023, Indonesia Tambah Emas
Agus Susanto
M. Akbar
25 August 2023
Renang

45th SEA Age Championship 2023 diikuti negara-negara ASEAN

Memasuki hari kedua Sea Age Group Championship 2023 yang bergulir di Stadion Akuatik Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta, Indonesia berhasil menambah pundi-pundi medali dari cabang olahraga renang.

Dari nomor 200 meter gaya punggung putri kelompok umur 13 tahun, perenang Nicolle Callysta Phiong sukses menjadi yang tercepat. Nicolle finish terdepan dengan catatan waktu 2:26.20 detik. 

Selain mempersembahkan medali emas untuk Indonesia, perfoma apiknya membuat dirinya mempertajam best time pribadi sebanyak 3.26 detik atau 2:29.46 detik.

Nicolle Callysta Phiong yang sejatinya tertinggal saat balapan tinggal menyisakan 50 meter lagi dari seniornya Adelia Chantika Aulia, mengaku hanya pasrah dan berupaya secepat mungkin untuk sampai ke finish.

"Adelia itu renangnya cepet banget yah terus berprestasi juga jadi awalnya aku ragu-ragu. Berharap sih dapat emas tapi gak nyangka aja," ujar Nicolle yang masih kaget dengan raihannya.

"Bahkan awalnya aku juga ragu karena waktu masih latihan persiapan juga pelatih lagi gak dampingi dipinggir kolam. Udah puas banget deh," tutup Nicolle Callysta Phiong.

Sementara itu medali perak diraih oleh rekan senegara Nicolle yakni Adelia Chantika Aulia. Adelia membukukan waktu renang 2:26.97 atau hanya terpaut 0.77 detik dari Nicolle.

Disusul perenang asal Singapura, Shu Ning Julia Yeo diposisi ketiga dengan catatan waktu 2:27.97 detik.

Pelatih tim renang Indonesia Albert C. Sutanto menjelaskan persaingan 45th Sea Age Group Championship 2023 semakin kompetitif.

"Tim lain terutama Vietnam tahun ini sangat kuat yah, jauh dari prediksi yang kita perkirakan. Tapi tetap sampai terakhir kita berjuang karena masih ada nomor-nomor andalan dan beberapa perenang seperti Kaisar yang memang kita harapkan juga di masa depan," terang Albert.

Bergeser ke cabang polo air mini putra, tim A polo air putra Indonesia memperkecil jarak dengan pemuncak klasemen sementara Singapura, usai memetik kemenangan atas tim A Malaysia dihari kedua penyelenggaraan Sea Age Group Championship 2023.

Tim A Indonesia melibas tim A Malaysia dengan skor yang cukup jauh, 22 - 17 //

Sementara dari cabang loncat indah, Indonesia sejauh ini telah mengumpulkan sebanyak 2 medali perak dan 3 medali perunggu.

Link Copied