Hari Pertama Sea Age Group Championship 2023, Perenang Muda Indonesia Buat Kejutan
Agus Susanto
M. Akbar
24 August 2023
Renang

Sekjen PB Akuatik Indonesia, Ali Patiwiri memberikan medali kepada para juara di 45th SEA Age Group Championship

Ajang 45th Sea Age Group Championship 2023 yang mengukir sejarah dengan mempertandingkan 3 nomor sekaligus yakni renang, polo air mini dan loncat indah, hari ini mulai bergulir di Stadion Akuatik Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta hingga 26 Agustus mendatang.

Event internasional perdana yang digagas oleh PB Akuatik sejak berganti nama dan logo ini menjadi panggung unjuk gigi bagi para perenang muda Merah Putih.

Keran medali emas Indonesia dibuka dari nomor 50 meter gaya dada putra kelompok umur 16 - 18 tahun. Perenang Indonesia Arya Adrean Putra Haryono langsung melesat menjadi yang tercepat. Arya membukukan waktu 29,68 detik, mengalahkan perenang Singapura, Yi Wang Ng dan Filipina, Jalil Sephraim Taguinod, yang masing-masing mencatatkan waktu di papan skor 29,96 detik disusul 29,99 detik.

Berlanjut ke nomor 100 meter gaya punggung putra usia 13 tahun. Akhmad Javier Hamid sukses mempersembahkan medali emas bagi Indonesia setelah waktu renangnya 1:02,30 detik tidak mampu diimbangi oleh perenang Thailand, Thanapat Pinsanoa ditempat kedua dan perenang Singapura, Russel Pang diposisi ketiga.

Srikandi renang Indonesia, Adelia Chantika Aulia kemudian menambah 2 medali emas untuk Indonesia di ajang Sea Age Group Championship 2023. Adelia yang turun di nomor 100 meter gaya punggung putri kelompok usia 13 tahun finish terdepan dengan waktu 1:07.78 detik. 

Adelia bahkan membuat kejutan di nomor 50 meter gaya bebas putri. Srikandi renang Indonesia itu yang mencatatkan waktu 27.19 detik, berhasil meraih kembali sekeping logam mulia sekaligus memecahkan rekor nasional kelompok umur 13 tahun atas nama dirinya yang sebelumnya 27.55 detik ia cetak di bulan Juni 2023.

Sementara di nomor 50 meter gaya bebas putra KU 14 - 15 tahun, perenang Indonesia Kaisar Hansel Putra Franciscus mencatatkan namanya di papan skor sebagai yang tercepat dengan waktu renang 24.27 detik.

Hasil tersebut sekaligus mempertajam rekor nasional Kelompok umur 14-15 tahun atas namanya sendiri di nomor yang sama dengan waktu sebelumnya 24.30 detik.

Kepala bidang pembinaan dan prestasi PB Akuatik, Wisnu Wardhana mengapresiasi perjuangan para perenang muda Indonesia di ajang Sea Age Group Championship 2023.

"Kita bisa liat seperti Adelia dan Kaisar yah, ini ada bintang baru yang sedang mencoba naik daun dan atlet muda yang menjanjikan untuk di masa mendatang." 

"Banyak juga atlet-atlet yang menunjukkan penajaman waktu di ajang ini sehingga bisa menjadi bukti kita punya atlet pelapis yang menjanjikan untuk tim senior kita," jelas Wisnu Wardhana.

Sejauh ini Indonesia telah mengumpulkan 5 medali emas, 8 perak dan 4 perunggu dari hasil hari pertama cabang renang Sea Age Group Championship 2023.

"Memang kita lihat persaingan tahun ini sangat merata yah. Banyak muncul atlet-atlet muda yang tangguh dan diluar prediksi kita. Sebenernya kita bisa dapet lebih medali emasnya, ada beberapa perhitungan yang meleset tapi ada juga kemenangan yang diluar dari prediksi kita," ucap pelatih tim renang Indonesia Albert C. Susanto.

"Renang target kita tetap runner-up karena tahun lalu saja kita bisa dapat posisi itu dibawah Thailand dan tentunya juga kita harus sukses dalam penyelenggaraan juga," tambah sekertaris jendral PB Akuatik Indonesia, Ali Patiwiri.

Sementara itu cabang polo air mini dan loncat indah juga telah dipertandingkan bersamaan dengan cabang renang di hari pertama Sea Age Group Championship 2023.

Ayo kita dukung perjuangan tim Akuatik Indonesia yang masih berjuang di Stadion Akuatik Senayan, Jakarta.

Link Copied